RPP 2013 Biologi Kelas XI – Sistem Pencernaan pada Manusia

Kurikulum 2013! yah, memang sedang hangat-hangatnya “digunjingkan” di kalangan para civitas academika. Bagi sebagian guru, mungkin kurikulum 2013 ini bagaikan dewa penyelamat bagi mereka karena yaa guru tidak perlu beribet-ribet untuk menyusun silabus dan menentukan strategi pembelajaran yang akan dipakai (walaupun tetap memikirkannya, tapi tidak seribet ktsp lah). Namun bagi sebagian yang lain, kurikulum 2013 ini justru menjadi malapetaka karena dinilai dapat membunuh kreativitas para guru dalam merancang suatu pembelajaran (sebab sudah ada sintaknya, tinggal jalankan saja). Yaa namun terlepas dari polemik tersebut, apapun itu tidak seharusnya menjadi alasan bagi kita, orang-orang yang berprofesi sebagai pendidik, untuk mejadi hilang semangat dan “giroh”nya dalam membentuk karakter anak bangsa yang cemerlang.

Pada postingan ini, saya ingin berbagi contoh RPP yang telah saya buat dengan kreasi saya sendiri tentunya (original loh ^^). saya membuat ini karena sedang mengikuti mata kuliah “micro teaching”. yaa semoga dapat menginspirasi dan memotivasi ^_^

ini tinggal unduh saja, mudah-mudahan bermanfaat. memang baru ini yang saya bisa share. ini RPP Biologi Kelas XI IPA, materi sistem pencernaan manusia. Metode yang saya gunakan adalah Problem Based Learning (PBL)-mixed with Two Stay Two Stray (TSTS) yang didesain untuk 1 pertemuan. dimohon pula masukan, saran serta kritik sebagai pembelajaran dan motivasi bagi saya dan kita semua ke depannya.

RPP sistem pencernaan-umil

2 thoughts on “RPP 2013 Biologi Kelas XI – Sistem Pencernaan pada Manusia

Tinggalkan Balasan

