Makan dengan Tangan Vs Sendok, Pilih Mana?

Siapa di antara kalian yang suka makan di Warung Tegal (warteg), atau di Rumah Makan Padang? Biasanya kita akan dihadapkan dengan dua pilihan cara untuk menikmati sajian masakan di tempat makan tersebut. Yak, ingin makan dengan sendok, atau tangan?

Beberapa di antara kita mungkin merasa bahwa makan dengan sendok merupakan pilihan yang paling tepat sebab kita tidak perlu repot-repot mencuci tangan setelah makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Atau justru kita merasa kalau makan dengan tangan akan memberikan sensasi yang berbeda karena memegang makanan menjadi lebih mudah. Tapi sebenarnya cara mana yang paling baik? Penasaran?

Nabi Muhammad saw sejak dahulu telah mengajarkan kita untuk makan dengan menggunakan tangan (dengan tiga jari).

“ Sungguh Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam makan dengan menggunakan tiga jari.” (HR. Muslim, HR. Daud).

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa makan menggunakan tangan adalah kebiasaan yang jorok dan kampungan. Namun apakah benar demikian? Faktanya, makan dengan menggunakan tangan ternyata bisa lebih sehat daripada makan dengan sendok. Mengapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan pada tangan kita terdapat sebuah enzim, yakni enzim RNase yang dapat menurunkan aktivitas bakteri-bakteri patogen yang ada pada tangan kita ketika kita makan. Enzim RNase adalah enzim yang dapat mendepolarisasi RNA (asam nukleat). Sehingga ketika kita menyuap makanan dengan tangan, bakteri yang terdapat pada makanan dapat terikat oleh enzim Rnase yang dihasilkan di tangan kita. Tapi tentunya dengan catatan, tangan kita sudah dicuci terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih dan higienis.

Enzim RNase terutama dihasilkan oleh tiga jari tangan kita (ibu jari, telunjuk, dan jari tengah). Dengan makan menggunakan tiga jari tersebut – seperti yang diajarkan oleh Rasulullah – bakteri yang terdapat pada makanan yang masuk ke dalam sistem pencernaan akan diikat oleh enzim tersebut. RNA, terutama mRNA merupakan materi genetik yang mengkode suatu protein. Enzim RNase mendepolarisasi RNA mikroorganisme sehingga mikroorganisme dapat terhambat aktivitasnya. Sehingga bukan saja bakteri, tetapi juga virus, terutama virus RNA di mana RNA merupakan pertahanan pertamanya, dapat dihalau untuk berbuat hal-hal yang bisa merugikan tubuh kita.

Bagaimana dengan sendok? Setelah banyak beraktivitas menggunakan tangan, mungkin kita berpikir bahwa sendok merupakan pilihan yang baik untuk menyuap makanan. Akan tetapi, sendok yang digunakan harus benar-benar dalam keadaan higienis. Perlu diingat bahwa udara dengan kondisi kelembaban tertentu dapat menjadi kondisi optimum untuk pertumbuhan bakteri dan uap air dapat menjadi medium perpindahan bakteri dari udara ke suatu benda (sendok misalnya). Bakteri-bakteri tersebut bisa datang dari mana saja, bahkan bisa jadi dari tubuh orang-orang yang ada di ruangan tersebut sebelum kita. Dan tidak menutup kemungkinan sendok yang kita gunakan untuk makan sudah “ditempati” oleh bakteri-bakteri yang ada di ruangan tersebut. Apalagi jika sendok tersebut tidak dicuci dengan bersih, seperti yang biasa tersajikan di rumah-rumah makan, bukannya higienis bisa jadi malah “memupuk” bakteri yang tinggal di sendok itu. Dan pada sendok tentunya tidak terdpat enzim Rnase seperti pada tangan.

Nah, ternyata Allah telah memberikan alat makan yang paling sempurna bukan, yakni tangan kita sendiri. Dan Rasulullah telah menjadi contoh serta teladan bagi kita umat muslim untuk senantiasa menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh kita. Menggunakan sendok untuk makan sah-sah saja asalkan diperhatikan juga kebersihannya. Sekarang keputusan berada di tangan anda, memilih makan dengan sendok atau dengan tangan. Selamat makaaan!

Referensi:

http://www.medicalera.com/info_answer.php?thread=11328

http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/03/10/apa-benar-makan-dengan-tangan-lebih-sehat/

http://www.beritasatu.com/kesehatan/39914-kebanyakan-infeksi-bakteri-terjadi-di-dalam-ruangan.html

http://qobongsalafi.mywapblog.com/mukjizat-hadistmakan-dengan-tangan-kanan.xhtml

61 thoughts on “Makan dengan Tangan Vs Sendok, Pilih Mana?

  1. kalu saudara qumil berpikir bahwa makan mapai tangan lebih baik dari pada gengan senndok,
    bgaimana dengan bakteri pada tangan yg sudah memegang benda2 berbakteri seperti HP, uang, handle pintu, atau yng lainnya??

    • seperti yang sudah saya bahas di atas, makan dengan tangan ini dilakukan dengan asumsi tangan sudah dicuci dengan bersih. cara-cara mencuci tangan yang baik dapat dilihat pada link ini

  2. jika memilih saya pilih makan menggunakan tangan, benar bahwa pada tangan terdapat enzim RNAse yang tentunya tidak ada pada sendok,,sedikit menambahkan bahwa enzim tersebut lebih banyak ditangan kanan,hal tersebutlah mengapa disarankan makan dengan tangan kanan bukan dengan tangan kiri. sumberhttp://kesehatan.kompasiana.com/medis/2012/04/03/siapa-bilang-hidup-sehat-itu-mahal/

  3. Subhanallah,itu satu tanda bukti lagi. kalau Allah benar-benar menciptakan manusia dalam sebaik-baik bentuk ^_^
    sedikit tambahan, ketika tangan kita sudah dicuci terlebih dahulu dengan sabun hingga bersih dan higienis, tapi kalau kuku kita panjang. cacing-cacing penghuni yang bersembunyi dibalik kuku itu juga berbahaya lho mil. hee. disela-sela kuku jemari tangan telur cacing mengendon dan pindah ke makanan.
    http://aziz94.student.umm.ac.id/download-as-pdf/umm_blog_article_84.pdf

    jadi, bagi yang mau mendapat kebaikan enzim RNAase, utamakan kebersihan tangan terutama pada kuku. terima kasih qumil atas informasi yang bagus ini..

  4. Benar sekali, setuju. Rahasia lain mengapa kita sehat makan menggunakan tangan ialah, di permukaan kulit, minyak dan keringat membentuk lapisan pelindung yang disebut acid mantel atau sawar asam dengan nilai pH sekitar 5,5.
    sawar asam merupakan penghalang alami yang efektif dalam menangkal berkembang biaknya jamur, bakteri danberbagai jasad renik lainnya di permukaan kulit. Termasuk juga tangan kita….  selain itu. Jari tangan kita mengaluarkan keringat tak kasat mata yang membantu cepatnya makanan menjadi hancur saat dicerna….. subhanallah…

  5. saya suka artikelnya mil..memang dijaman sekarang tuh ada istilah makan menggunakan tangan tuh kampungan, norak, jorok dan lain-lain,.kalau say sich pasti milih makan menggunakan tangan,selain ada enzim RNAse nya disamping itu nabi muhammad SAW juga menganjurkannya, ini tambahn saja sealin kita makan harus menggunakan tangan, tetapi jangan lupa adab makan juga harus diperhatikan.
    Ada satu adab makan yang kurang diperhatikan. Bahkan, terkadang jika diamalkan banyak umat Islam yang mencibirnya, padahal hadits cukup jelas menjelaskannya. Yaitu menjilati tangan dan piring sebelum mengelap atau mencucinya agar tidak ada makanan yang tersisa.

    Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

    إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمُ الطَّعَامَ فَلاَ يَمْسَحْ يَدَهُ حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا وَ لَا يَرْفَعَ صَحْفَةً حَتَّى يَلْعَقَهَا أَوْ يُلْعِقَهَا، فَإِنَّ آخِرَ الطَّعَامِ فِيْهِ بَرَكَةٌ

    “Apabila salah seorang kamu makan makanan, janganlah dia mengelap tangannya hingga menjilatinya atau meminta orang menjilatinya. Dan janganlah dia mengangkat piringnya hingga menjilatinya atau meminta orang untuk menjilatinya., karena pada makanan terakhir terdapat barakah.” (HR. Bukhari no. 5465; Muslim no. 2031, Abu Dawud, Nasai, Ahmad dan lainnya. Dishahihkan oleh al Albani dalam al Silsilah al Shahihah: 1/675)

    Syaikh Nashiruddin al Albani mengatakan, “dalam hadits ini terdapat adab yang indah di antara adab-adab makan yang wajib. Yaitu menjilati jari-jari dan mengelap piring dengan jari-jari. Yang dimaksud wajib adalah karena Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkannya dan melarang meninggalkannya. Maka jadilah seorang mukmin yang selalu melaksanakan perintahnya shallallahu ‘alaihi wasallam dan meninggalkan larangannya. Janganlah dia menghiraukan para pencela yang selalu menghalangi manusia dari jalan Allah, baik mereka menyadarinya atau tidak.”
    maka dari itu kalalu ada orang setelah makan menjilati jarinya jangan dibilang norak yah temen-temen!!!karena disitulah terdapat barakah!!
    http://voa-islam.com/islamia/ibadah/2010/03/24/4270/sunnahhikmah-dan-etika-menjilati-tangan-sesudah-makan/

  6. kebiasaan cara makan setiap orang memang pasti berbeda-beda misalnya nih kaya orang jepang atau cina makan pakai sumpit, orang barat makan menggunakan garpu dan sendok,tapi kalau saya yang asli orang sunda memang lebih menikmati makan menggunakan tangan saya. setidaknya nih ya saya lebih tahu kalau tangan saya lebih bersih dari sendok yang digunakan karena saya membasuh sendiri tangan saya, bahkan setidaknya saya yakin tangan saya lebih bersih karena saya saja yang menggunakannya,kalau sendok dan garpu banyak orang-orang berbeda yang menggunakannya. tapi untuk makanan berkuah saya agak sulit menggunakan tangan, jadi apa ada solusi lebih baik?

    hal ini juga bisa dilihat dari manfaat lainnya dalam bidang kesehatan,bakteri pada tangan yang belum dicuci pasti lebih banyak daripada sendok yang sudah dicuci,maka dari itu kita harus mencuci tangan terlebih dulu. tetapi inilah kelebihan tangan kita, tangan memiliki kebersihan yang lebih terjamin. Karena tangan mengandung enzim RNAase yang disekresikan oleh tangan kita. Enzim ini berfungsi untuk kekebalan tubuh kita dan proteksi terhadap bakteri. Enzim ini selalu disekresikan. Ketika tangan kamu kotor, enzim ini sedang mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri itu tidak dapat maksimal. Namun jika sangat kotor maka persentase bakteri akan jauh lebih besar sehingga bakteri akan menaklukan pengaruh dari RNAase. Saat tangan dicuci, bakteri terkikis sehingga persentase enzim menjadi lebih banyak. Saat makan, enzim ini terus mengikat bakteri dan masuk ke dalam tubuh kita. Enzim tersebut membunuh bakteri selama proses pencernaan.
    jika kita makan dengan sendok,bakteri yang masih menempel atau belum terkikis akan ikut masuk ke tubuh kita dan tidak akan ada perlawanan dari enzim RNAase.

    http://pappareta.wordpress.com/2010/10/24/makan-pakai-tangan-lebih-bersih-daripada-pakai-sendok/

    • iya betul banget. kalau untuk makanan berkuah tentunya kita pakai sendok karena gak mungkin “ngobok” dong hehehe. tapi sendoknya yang bersih ya.. kadang saya juga suka bawa sendok saya sendiri ke mana-mana supaya lebih terjmin kebersihannya😉

      • wah disini sudah dijawab, tapi saya penasaran, apakah Nabi Muhammad S.A.W makan makanan berkuah juga ga ya? lalu bagaimana adab beliau saat makan makanan berkuah??

  7. wah terima kasih banyak ya kepada teman-teman atas info tambahannya, komentar kalian benar-benar memperkaya pengetahuan artikel ini🙂 @ellanurlelasari: makan dengan tangan kanan juga adalah adab dan sopan santun yg diajarkan rasul, ternyata ga pernah salah yah. @aidafitriyah: iya saya sangat setuju, memelihara kuku yg diajarkan rasul bukan dengan memanjangkan kuku tetapi memotongpendek agar tetap terjaga kebersihannya. @el jannati: itu info yang baru saya ketahui loh🙂 trims yaah. @amuysaepudinmoch: saya juga pernah membaca kalau rasul menjilati jarinya setelah makan. tapi kalau menjilati piring? saya baru tahu?

  8. setujuh bnget tuh ma artikelnya kumil.
    w pribadi c yah lebih suka makaan pakai tangan krena yng pertama ntu mang sunnah rasul yang kedua mungkin lebih sedap dibanding dengan memkai sendok.

  9. like this umill.. tapi bolehkah saya bertanya? Rosulullah mengajarkan ummatnya untuk mkan menggunakan 3 jari, dan trenyata dibalik semua itu ada manfaatnya.. apakah ada perbedaan antara makan dg 3 jari (ala Rosulullah) dengan mkan dg 5 jari? trimakasih..

  10. Ajaran Rasulullah tidak pernah salah yaah, Subhanallah…

    ini ipeh ada tambahan umiil.. Ketika tangan kita kotor, enzim ini sedang mengikat bakteri sehingga aktifitas bakteri itu tidak dapat maksimal. Namun jika sangat kotor maka persentase bakteri akan jauh lebih besar sehingga bakteri akan menaklukan pengaruh dari RNAase. kerja RNAase makin maksimal jika kita cuci tangan karena bakteri terkikis sehingga persentase enzim menjadi lebih banyak. Enzim ini juga terus mengikat bakteri dan masuk ke dalam tubuh kita. Enzim tersebut membunuh bakteri selama proses pencernaan.keren yaah hehe.

    Dengan menggunakan tiga jari (jempol, telunjuk, dan jari tengah), makanan yang masuk ke mulut lebih sedikit, enzim ptyalin yang diproduksi kelenjar saliva mencerna makanan dengan maksimal sehingga makanan menjadi lembut dan mudah dicerna

    nah, kalau dengan sendok , tidak semua bakteri terkikis ketika proses pencucian sendok. Ketika kita makan dengan sendok, bakteri yang membahayakan akan masuk ke dalam tubuh tanpa adanya perlawanan dari enzim RNAase.

    http://integratedhealthcenter.blogspot.com/2011_02_21_archive.html

    http://www.medicalera.com/info_answer.php?thread=11328

  11. makan dengan menggunakan tiga jari juga lebih memahamikpondisi kerongkongan. Kita tahu bahwa lubang kerongkongan itu hanya 3-5 cm saja diameternya. Dengan memakai tiga jari aja, besarnya suapan makanan akan lebih sedikit dibandingkan dengan menggunakan sendok atau tangan yang lima jari secara tidak terasa(otomatis). Hal ini akan memudahkan kerongkongan untuk memindahkan makanan dari mulut ke lambung dan menghilangkan rasa ingin minum karena penuh dikerongkongan..

  12. Subhanallah y ne artikel,,, bgus mil y ayu setuju dengan artikel QumIL bahwa makan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan karena dalam tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh.

    Pada dasarnya, tujuan utama enzim RNAse ini digunakan dalam analisis genetik, dengan tujuan mendegradasi RNA, sehingga yang tinggal dari sebuah sel hidup adalah DNA-nya. Saya yakin keterangan yang lebih tepat bisa dijelaskan oleh rekan-rekan dari kedokteran. Enzim ini selalu terkandung dalam jari-jari dan telapak tangan manusia, sehingga –dengan asumsi sudah dilakukan upaya menghigieniskan tangan sebelumnya– proses penyuapan makanan ke dalam saluran pencernaan akan mengikutkan enzim yang bisa mengikat sel bakteri sehingga aktivitasnya tidak maksimal. Begitu makanan masuk ke saluran pencernaan, maka enzim ini akan ikut mengikat pergerakan bakteri hingga ke saluran pembuangan.

    Sebaliknya, jika manusia makan menggunakan (misalnya) sendok, tidak ada yang bisa menahan laju aktivitas bakteri yang terkandung, baik di makanan atau alat makan itu sendiri, Sumber:http://kesehatan.kompasiana.com/medis/2011/03/10/apa-benar-makan-dengan-tangan-lebih-sehat/

  13. oke oke. Nice article. Itulah untungnya kalau kita meyakini ajaran Nabi.
    Dan ada yang mengganjal juga ni, Agak sulit ya bagi saya buat makan dengan 3 jari, otomatis akan memakai 5 jari. Jadi, apakah ada kerugiannya jika berbeda teknis pemakaiannya ? ya walaupun sama-sama pakai tangan ? Syukron jiddan ukhti..

  14. Rasulullah adalah teladan bagi seluruh umat, setiap perkataan dan sikapnya dapat kita ambil hikmah.
    Tapi bagaimana apabila kita sengaja mengemut jari (ibu jari, telunjuk dan jari tengah) apakah tetap dihasilkan Rnase mil?

    • mm.. mengemut jarinya dalam rangka apa yah? hehe..
      Rnase tentu tetap dihasilkan meskipun kita mengemut jari karena Rnase dipengaruhi oleh sintesis protein (faktor internal). namun menurut artikel yg saya baca, kebiasaan mengemut jari dapat menimbulkan beberapa kerugian seperti masuknya kuman dari kuku jari, apalagi kalau kukunya pakai cutex segala. (http://www.ligagame.com/forum/index.php?action=printpage;topic=79205.0)

      tapi kalau yg dimaksud di sini adalah menjilati jari setelah makan, itu justru malah dianjurkan oleh rasul seperti yg diutarakan pada komentar sdr @amuysaepudinmoch karena terdapat berkah di sana🙂

  15. mw ikutin cra makan ala Rasullullah akhhhh🙂 kn qta sebagai umat islam yang baik,,
    thankz mil infonya menarik bwd menambah ilmu,,,

  16. wah terima kasih atas komentar dan pertanyaan2 yg membangun ini yah. untuk @bayuafr dan @ninismt, saya rasa jawaban untuk pertanyaan kalian telah diungkapkan di komentar dari @annisa dan @latifa180692🙂

  17. setuju ni dengan pendapat nona qumillaila…kalau makan memakai tanagna lebih baik selaian itu juga sunah rasulallah saw. so. ..selain makan lebih higienis terus dapat pahala juga..

  18. saya setuju makan dengan tangan. karena hal tersebut merupakan sunah rasul, kan kalau kita melakukannya dapet pahala (aminn). yang terpenting sebelum dan sesudah makan cuci tangan dulu yaaa.. mau menambahkan sedikit, Makan Pakai Tangan Cegah Anak Kegemukan. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa balita yang makan dengan tangannya secara langsung mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit ketimbang mereka yang disuapi oleh orang tuanya. Membiarkan anak-anak memilih makanan yang mereka inginkan juga membantu kencenderung memilih makanan yang sehat.http://www.tempo.co/read/news/2012/02/07/174382283/Makan-Pakai-Tangan-Cegah-Anak-Kegemukan

  19. kalo suruh milih lebih baik pake tangan mpok, lebih simple dan pastinya yang diajarkan Rasul tak ada yang tidak bermanfaat. dan lebih sehat seperti yang anda bahas bahwa makan menggunakan tangan terbukti lebih menyehatkan karena dalam tangan terdapat enzim RNAse yang dapat mengikat bakteri sehingga tingkat aktivitasnya sangat rendah ketika masuk bersama makanan ke saluran pencernaan tubuh. untuk tambahan informasi silahkan di klik http://lapar.com/makanplus/sisi-plus-makan-dengan-tangan/

  20. subhanallah artikelnya sangat bagus🙂
    benar sekali Kedua tangan manusia mengeluarkan tiga macam enzim, tetapi konsentrasi di tangan kanan lebih banyak daripada tangan kiri. Enzim tersebut sangat membantu dalam proses pencernaan makanan.
    selain itu, makan menggunakan tangan bisa membuat berat tubuh anak lebih ideal jika menggunakan sendok. mau tau alasannya ?
    silahkan klik http://www.tempo.co/read/news/2012/02/07/174382283/Makan-Pakai-Tangan-Cegah-Anak-Kegemukan

  21. Saya setuju makan langsung menggunakan tangan, karena itu merupakan suna rasul, berarti kalau dilaksanakan dapet pahala (amin). Pada anak-anak lebih dianjurkan makan dengan tangan karena dapat mencegah obesitas. Sebuah studi terbaru mengungkapkan bahwa balita yang makan dengan tangannya secara langsung mengalami kenaikan berat badan lebih sedikit ketimbang mereka yang disuapi oleh orang tuanya. Membiarkan anak-anak memilih makanan yang mereka inginkan juga membantu kencenderung memilih makanan yang sehat. http://www.tempo.co/read/news/2012/02/07/174382283/Makan-Pakai-Tangan-Cegah-Anak-Kegemukan

  22. Artikel nya menarik banget mil,,ternyata yang alami itu lebih baik dibandingkan dengan yang sudah terkontaminasi dengan bahan-bahan yang lain,contohnya daun pisang Vs plastik, talenan kayu Vs talenan plastik, dan begitu pula dengan makan menggunakan tangan Vs sendok…
    Sebagaimana disebutkan dalam hadis Hr MUslim
    Ibnu ‘Umar meriwayatkan Rasulullah saw bersabda, Jika salah seorang di antara kalian makan , hendaklah dia makan dengan tangan kanannya; dan jika dia minum, hendaklah dia minum dengan tangan kanan; karena setan itu selalu makan dengan tangan kiri dan minum dengan tangan kiri. [HR Muslim]

    http://www.ufukislam.com/2012/01/meneladani-cara-makan-rasulullah-saw.html

  23. saya akan memilih makan menggunakan tangan..
    tapi kalau di rumah dan restoran padang tetap saja makan dengan sendok..
    hehehe
    ternyata di tangan itu juga terdapat enzim ya,.

    saya baru tau..
    subhanallah ya, dengan banyak penelitian kita jadi tau hal kecil namun bermanfaat besar, seperti yang di tuliskan saudari qumil..

    islam sebenarnya sudah mengajarkan makan dengan tangan, bisa dilihat di http://voa-islam.com/islamia/ibadah/2010/03/24/4270/sunnahhikmah-dan-etika-menjilati-tangan-sesudah-makan/

  24. yupps, betul banget tuh mil
    ternyata kedua tangan kita memiliki tiga enzim, tetapi konsentrasi pada tangan kanan lebih tinggi dibadingkan dengan tangan kiri. selain itu juga fungsinya dengan makan menggunakan tangan, pertumbuhan anak juga akan memiliki berat yang ideal.

  25. Subhanallah..memang nikmat makan menggunakan tangan itu =). Ternyata berdasarkan (http://pustakaimamsyafii.com/fikih-menggunakan-tangan-kanan.html) kita dianjurkan makan dan minum menggunakan tangan kanan.
    “Jika salah seorang dari kalian akan makan, hendaknya makan dengan tangan kanan. Dan apabila ingin minum, hendaknya minum dengan tangan kanan. Sesungguhnya setan makan dengan tangan kirinya dan minum dengan tangan kirinya” [HR. Muslim].
    Maka dari itu, bagi yang kidal biasakan makan menggunakan tangan kanan supaya bakterinya mati kena enzim RNAse. yaa ga mil?

  26. Maha Besar Allah dengan segala ilmuNya. Makan dengan menggunakan tangan adalah sunnah. Karena memang memakai tangan itu lebih safety dibandingkan memakai sendok. Bahkan nabi mengemut kelima jarinya satu persatu setelah makan.
    Lalu bagaimana dengan pemakaian cairan pembersih ? Tidak apa apa, sebab sistem kerjanya adalah merusak lapisan membran terluar pada bakteri sehingga bakteri akan lebih nonactive.
    http://pappareta.wordpress.com/2010/10/24/makan-pakai-tangan-lebih-bersih-daripada-pakai-sendok/

  27. Subhanallah yah Agama Islam memang sempurna, dari hal terkecil pun kita sudah dijaga kesuciannya. iya makan dengan menggunakan tangan yang telah dicuci dengan air mengalir dan sabun non antiseptik memang lebih baik karena kemampua enzim RNAase, air dan sabun dapat menghilangkan kuman-kuman yag ada di tangan kita dan lebih menjaga lingkungan dibandingkan harus makan dengan sendok atau sumpit bambu.
    oh ya penambahan nih mil bahaya makan dengan sumpit bambu. jadi sumpit bambu yang ada di pasaran ini diproses pembuatannya tidak hygienis dan merusak lingkungan . bayangkan berpa pohon bambu yang digunakan untuk membuat sumpit, lalu bambu dipotong, diputihkan dengan sulfur dan Hidrogen peroxida tanpa adanya antiseptik lalu dikemas seadanya. yang mana bila kita lihat secara horizontal terdapatnya kotoran-kotoran yang ada di sumpit dan kita bisa membuktikan bahwa sumpit bambu itu tidak higienis berikut percobaannya : 1. Rendamlah sumpit bambu ini ke dalam air selama 1 minggu, airnya akan menjadi BAU. 2. Kacang polong yang ditanam dengan air rendaman ini akan tumbuh lebih lambat, dan berhenti tumbuh ketika mencapai 5-6 cm dan kemudian mati. 3. Asap pembakaran dari sumpit ini akan bersifat asam. Cara terbaik adalah bawalah sumpit Anda sendiri.

    http://www.kabarislam.com/artikel-motivasi/adab-adab-makan-rasulullah-saw

  28. Assalamu’alaykum,,, luar biasa artikel ini, terutama fakta” tentang Nabi,,, ini yg saya harapkan sebenernya dari sebuah artikel. banyak hal yg bisa diambil dari artikel diatas salah satunya adalah lebih baik akan menggunakan tangan. tetapi yg saya masih pertanyakan adalah, saya memiliki kebiasaaan tangan basah karna kringat tangan, apakah ada pengaruhnya enzim yg terdapat pada 3 jari tangan yg disebut diatas terhadap cairan yg ada ditangan saya…?
    maksh umiiil ^_^

  29. Subhanallah…. makan menggunakan tangan memang banyak menyimpan hikmah & sejarah Rasulullah, memang sebenarnya makan dengan tangan lebih terasa nikmat. heehehee kata orang kampung sih gitu apa lagi makannya pake sambel ditengan sawah beuh semakiiiin nikmat saja. ^_^
    banyak hikmahnya juga loh makan menggunakan tangan seperti pada artikel yang pernah saya baca
    http://jarijaritangan.wordpress.com/2010/12/23/hikmah-makan-menggunakan-jari-tangan/
    terimakasiiiih ya buat infonya miiil ^_^

  30. nambahin
    Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassallam
    bersabda : “Jika salah seorang dari kalian
    makan, maka janganlah ia membersihkan
    tangannya sebelum
    menjilatinya.” (Muttafaqun ‘Alaih, Bukhari :
    5376, dan Muslim : 2031).

    sorry klo repost

  31. Emmmmm,,,,, klo mkan sayuran atau yang berkuah bgmn ? kalau Rasulullah makannya dahulu kan emang tak berkisar dari buah2an (anggur dan kurma serta semacam roti ditambah lg daging seperti domba dan unta) yang aneh atau pun sulit bila dimakan pake sendok.

    • kalau itu pakai sendok tentunya. makanan berkuah justru tidak bisa dimakan kan kalau pakai tangan, asalkan kebersihan sendoknya juga diperhatikan. tapi kalau mau amannya, kita bisa membawa sendok dari rumah, jadi kalau mau makan di mana-mana (yg kebersihan sendoknya meragukan), kita bisa pakai sendok sendiri.
      memakai sendok/garpu dll tidak akan membunuh kita kok, karena kita juga punya antibodi di tubuh kita. namun kalau pakai tangan ada nilai plusnya🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s