Resep Bolu Pisang Kukus

Di rumah ada pisang yang kulitnya udah item- item, tapi nggak tau mau diapain. Dimakan biasa? Pisangnya udah kematengan. Digoreng? Jumlahnya nggak terlalu banyak alias nanggung. Kalo ga usah dimakan? Yah.. sayang-sayang, nanti malah jadi busuk dan kebuang, kan mubazir.

Nah, kalau masalah ini yang sedang terjadi di rumah anda (atau di kosan, kontrakan, atau di mana sajalah), saya sarankan agar anda mengolah pisang-pisang tersebut menjadi makanan yang “sesuatu” yang dapat dinikmati oleh anda dan orang-orang di sekitar anda. Saya ada resep mengolah pisang-pisang yang nyaris busuk ini (hehe…). Alat dan bahannya sederhana, dan cara membuatnya juga sangat mudah.

Alat: mixer, blender, loyang, kukusan, dan alat-alat standard lain (sendok, baskom, dll)

Bahan:

  1. Buah pisang raja ukuran sedang 3 buah
  2. Terigu 1/4 kg
  3. Telur 1/4 kg
  4. Gula pasir 200 ml (kira-kira 1 gelas belimbing)
  5. Mentega 200 gr
  6. Air 1/2 gelas belimbing (pakai secukupnya)
  7. Garam secukupnya
  8. Vanili
  9. Baking powder/ TBM sebagai pengembang 1 sdt

Bahan Pelengkap: Coklat bubuk secukupnya (untuk taburan), pisang 1 buah (atau sisa pisang)

Cara Membuat:

  1. Blender pisang (kalau butuh air silahkan pakai air sedikit saja), lalu sisihkan.
  2. Lelehkan mentega, lalu sisihkan.
  3. Kocok telur dan gula pasir menggunakan mixer sampai mengembang
  4. Masukkan vanili, baking powder/TBM, dan garam ke dalam tepung terigu, aduk hingga merata.
  5. Selanjutnya, masukkan lelehan mentega, kocokan telur dengan gula, dan pisang yang sudah dihaluskan ke dalam tepung terigu, lalu aduk hingga merata. Jika perlu tambahkan sedikit air (jangan sampai terlalu encer).
  6. Masukkan adonan ke dalam loyang, lalu kukus hingga matang (sekitar 20-30 menit)
  7. Sementara adonan dikukus, potong-potong 1 buah pisang tipis-tipis agak menyerong (untuk hiasan)
  8. Setelah matang, angkat bolu dan taruh di atas piring. Susun potongan-potongan pisang di atas bolu, lalu taburkan bubuk coklat secukupnya dan taraaa…. Bolu Pisang Kukus siap untuk disajikan. :)


Kalau mau sedikit repot, adonan sebelum dimasukkan ke loyang, dibagi dua bagian, yakni bagian “coklat” (1/4 bagian) dan bagian “putih” (3/4 bagian). Adonan yang 1/4 bagian bisa ditambahkan coklat bubuk kurang lebih 3 sdm (atau sesuai selera). letakan di loyang bagian putih terlebih dahulu, lalu bagian coklat di atasnya.

Nah, nggak keliatan kan kalau kue yang cantik ini bahannya dari pisang yang nyaris “terbuang”. hehe.. Pengalaman saya, waktu saya nawarin pisang yang belum diapa-apain ke orang-orang di rumah saya, mereka ngakunya, “udah kenyang mil…”, atau “pisang begitu kok dimakan?” (Sombongnya… :( ). tapi begitu saya jadiin bolu, eh… nggak ada semenit kuenya udah hilang entah kemana (yang tadi ngaku kenyang, makannya malah paling banyak. hahaha).

So, Selamat mencoba ya… :)

 

About these ads

26 thoughts on “Resep Bolu Pisang Kukus

  1. Wah,ide kreatif tuch,boleh di coba ya resepnya… Ngomong2,kue bolu pisang kukusnya bisa tahan brp hari klw ga di masukin kulkas?

  2. wajib dicoba.ijin ya mb.mkash resepnya.aq lagi koleksi resp kue yang serb kukus.kalo gak habis trus disimpen kulkas…lebh yummmmmyyyyy

    • mm pisang barangan itu yang mirip pisang ambon yah? kayaknya sih bisa mbak, selahi teksturnya lembut dan rasanya manis bisa. selamat dicoba yah dengan pisang barangannya :)

  3. Attractive section of content. I just stumbled upon your weblog and in accession capital to assert that
    I get in fact enjoyed account your blog posts. Anyway I will be
    subscribing to your feeds and even I achievement you access consistently quickly.

  4. Dicoba ah……klo ad y bru lg kbri ya…..oy klo pake ctakan bolu kukus biasa gmna,apa perlu dtambah soda biar mekrok(kyak bolu kukus biasanya itu?)

    • kalau pake cetakan bolu kukus biasa saya rasa ga masalah, tinggal disesuaikan saja ukurannya, kalau terlalu besar nanti bolunya kurang tebal yah. pake soda kue lagi juga gapapa mbak, biar lebih merekah :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s